Pembuatan Topi Laken Jogja

Topi adalah suatu jenis penutup kepala yang berfungsi untuk melindungi kepala dari panas terik matahari. Namun, topi kini bukan hanya menjadi benda pelindung kepala saja akan tetapi topi juga sebagai aksesoris pelengkap penampilan. Karena hal itu munculah topi dalam aneka bentuk dan bahan. Seiring dengan perkembangan fashion, topi juga mengalami perkembangan. Seperti yang telah kita ketahui sekarang, terdapat berbagai macam bentuk dan jenis kain topi. Salah satunya adalah Topi Laken.  Dari bermacam-macam jenis topi, ada satu yang menyita perhatian untuk diulas lebih dalam yakni topi Laken. Topi memang merupakan benda yang identik dengan pria. Tahukah anda apa itu topi laken Dan topi Laken salah satunya yang memiliki keunikan tersendiri. Topi ini  di buat dari bahan yang nyaman seperti kulit, Corduroy, Beludru maupun wool. Bagian atas dari topi ini berbentuk silinder dan bagian bawah berbentuk bundar lebih lebar daripada bagian atasnya.

Topi Laken menjadi primadona dari zaman ke zaman. Topi ini telah ada sejak zaman Amerika dipenuhi para Cowboy, dan mulai terkenal pada tahun 1950. Saat itu banyak selebriti dan tokoh terkenal mengenakannya hampir di seluruh dunia seperti Charlie Chaplin dan Winston Churchill. Di Indonesia sendiri topi laken ini telah ada hampir satu abad silam. Dan topi laken merupakan  topi khas bagi kalangan blantik sapi di daerah Jawa Timur.  Topi laken ini biasanya di kenakan oleh para peternak sapi sebagai ciri khas dalam berpenampilan. Bahan dari topi laken ini terkenal awet sehingga dapat digunakan untuk jangka panjang dan harganya pun lumayan mahal. Harga topi laken dari Raja Topi Jogja yaitu Rp 45.000. Karena bentuk dari topi laken sangat unik sehingga di Indonesia banyak yang tertarik untuk memakainya mulai dari kalangan petani, pengembala ternak, pejabat negara atau pejabat daerah seperti gubernur, angkatan udara, angkatan darat, angkatan laut dan lain sebagainya.

Ada beberapa alasan mereka memakai topi Unik ini, selain untuk melindungi kepala dari terik matahari, topi ini juga dapat digunakan sebagai pelengkap penampilan supaya  terkesan kuno dan modis. Ada beberapa orang yang juga menjadikan topi laken ini sebagai bagian dari fashion style yang di gunakan untuk kehidupan sehari-hari supaya memberikan kesan yang berbeda ketika memakainya. Anda bisa memadukannya dengan penampilan kasual kaos, celana jeans dan sepatu kets jika ingin menggunakannya hanya untuk nongkrong. Lalu perpaduan kemeja dengan celana jeans dan sepatu boots juga cocok untuk topi laken. Jika ingin menggunakannya dalam kesempatan formal juga bisa dengan setelan jas, hal itu karena bahan kulit yang ada di dalamnya sehingga terlihat pantas untuk acara formal. Desain topi laken mengikuti topi-topi berjenis laken yang umumnya sering anda lihat di TV. Tak jarang juga topi ini di kenakan oleh publik figur sebagai pelengkap penampilan. Memakainya, tentu tak akan membuat anda ketinggalan dunia fashion terkini. Untuk menjaga keawetan topi laken, di perlukan perawatan yaitu dengan cara menggunakan air untuk membersihkannya dengan teknik dry clean saja.  Hal ini di maksudkan karena jika wool terkena air maka konstruksi akan mudah rusak dan membuat topi ini ukurannya semakin membesar karena pada saat menyerap air serat kain akan mengembang dan tidak bisa kembali setelah topi itu sudah kering. Kemudian Spotting pada topi berbahan wool juga harus memakai spotter dryclean.  Topi laken yang di produksi oleh raja topi jogja ini tentunya menggunakan bahan yang berkualitas serta harganya terjamin. Untuk itu, apapun pilihan topi anda percayakan di raja topi jogja saja.